Kamis, 22 Maret 2012

[HOW TO] Oatmeal Egg Porridge

Salah satu resolusi gue tahun ini adalah nurunin berat badan yang udah membludak kayak sembako yang ditimbun sama spekulan. Maka, selain olahraga di gym, gue juga ngurangin makan nasi dan jadi sering makan oatmeal. Cuma, tau sendiri kan rasa oatmeal kayak apa. Hambar-hambar bikin eneg gimana gitu. Kalopun ditambah yang manis-manis kayak pisang dan susu, selain lama-lama eneg juga karena gue gak terlalu doyan manis, lemaknya juga lumayan dan bisa bikin diet gue gagal.
Untungnya, setelah beberapa kali eksperimen, gue nemu resep yang enak. Selain cocok buat sarapan, cocok juga buat comfort food atau cemilan tengah malam pengganti mie instan. Cara bikinnya juga gampang, gak pernah ke dapur (kayak gue) pun pasti bisa bikin! 8D

Maap, fotonya nggak terlalu menggiurkan xD
Bahan:
4 sendok makan oatmeal
1 butir telur, kocok lepas
1 cangkir air atau kaldu ayam
2 siung bawang putih, iris tipis
garam atau penyedap rasa ayam secukupnya
minyak goreng secukupnya

Catatan:
  • Gue pake oatmeal Quaker yang biru, yang khusus untuk dimasak. Yang varian merah itu oatmeal instan, untuk diseduh pake air panas doang.
  • Kalo pake kaldu ayam, berarti nggak usah pake penyedap lagi, pake garem aja. Kalo pake air, baru pake penyedap, biar nggak terlalu hambar rasanya.
  • Bawang putih bisa ditambah atau dikurangin jumlahnya, sesuai selera. Untuk ukuran gue yang suka bawang putih, 2 siung itu udah cukup berasa.

Cara bikinnya:
  1. Panasin minyak goreng pake api sedang, tumis bawang putih sampe harum.
  2. Masukin oatmeal, tumis sama bawang beberapa saat sampe merata.
  3. Masukin air/kaldu, aduk-aduk sampe mengental.
  4. Masukin telur, aduk-aduk, tambahin garam/penyedap. Jangan kebablasan nambahinnya; kalo kurang asin bisa ditambah garem/penyedap, tapi kalo keasinan kita gak bisa nambah takaran oatmeal/air, soalnya teksturnya bisa berubah.
  5. Kalo rasanya udah pas, terusin aduk sampe jadi bubur.
  6. Angkat dan MAKAN!
Udah, gitu doang. Gampang kan? Bikinnya juga cepet, kalo udah biasa gak nyampe 15 menit. Kalo ada yang punya resep beginian juga, bagi-bagi linknya di bagian comment yeee...

Itadakimasu! xD

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar